Produsen Makanan Raih Penghargaan SNI Award 2021 dari Badan Standardisasi Nasional

Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan SNI Award 2021. Kepala BSN, Kukuh S Achmad mengatakan, peserta SNI Award tahun ini adalah yang mendaftar pada 2020, kemudian dilanjutkan site evaluation pada 2021. "Pandemi covid 19 membuat tata cara penilaian SNI Award beradaptasi dengan mengikuti protokol kesehatan. Pelaksanaan penilaian dilakukan secara daring dengan memanfaatkan ICT (information and communication technology)," ujar Kukuh melalui keterangan tertulis, Sabtu (20/11/2021).

Penghargaan SNI Award 2021 diberikan kepada 98 organisasi dan perusahaan yang terdiri dari peringkat platinum, emas, perak dan perunggu serta 'early improvement' yang meliputi 12 kategori yaitu kategori organisasi kecil jasa, organisasi menengah jasa, organisasi besar jasa, organisasi kecil barang dan organisasi menengah barang ektor agro. Selain itu, organisasi menengah barang sektor logam, mesin, alat transportasi dan elektronika, organisasi menengah barang sektor kimia, farmasi, tekstil dan pertambangan, organisasi pendidikan tinggi, serta organisasi pendidikan menengah. Tahun ini ada 231 organisasi atau perusahaan yang mendaftar.

Dari jumlah tersebut yang lolos sampai tahap site evaluation ada 113 organisasi atau perusahaan. "Dewan juri menetapkan, 98 organisasi atau perusahaan berhak sebagai penerima SNI Award 2021," ucap Kukuh. Kukuh melanjutkan, proses penilaian SNI Award dilakukan secara ketat oleh tim evaluator yang kompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Hasilnya ditetapkan Dewan Juri yang diketuai Sandiaga Salahuddin Uno, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Dalam ajang SNI Award 2021 ini, dua pabrik Garudafood mendapatkan penghargaan. Kepala BSN, Kukuh S Achmad menyerahkan penghargaan tersebut kepada Direktur Garudafood sebagai perwakilan dari pabrik Gresik, Rudy Brigianto dan Sofyan Iskandar selaku perwakilan unit Rancaekek.

Rudy Brigianto menjelaskan, Garudafood melalui 2 pabriknya di Gresik, Jawa Timur dan di Rancaekek, Sumedang, Jawa Barat aktif berpartisipasi dalam ajang SNI Award. Pabrik di Gresik menang untuk kategori emas dengan predikat apresiasi dari tim BSN dan dewan juri. "Meski penerapan SNI pada kategori biskuit belum wajib diimplementasikan, namun Garudafood berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan secara berkesinambungan," ujar Rudy.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.